Surat Pernyataan tentang Kebenaran Dokumen

Pengertian Surat Pernyataan tentang Kebenaran Dokumen



Surat pernyataan tentang kebenaran dokumen adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk menyatakan bahwa dokumen-dokumen yang dia berikan kepada pihak lain adalah benar adanya. Surat pernyataan ini biasanya diminta oleh instansi atau lembaga tertentu sebagai syarat pengajuan berbagai macam permohonan, seperti pengajuan beasiswa, pengajuan sertifikasi, dan sebagainya.


Isi Surat Pernyataan tentang Kebenaran Dokumen



Isi dari surat pernyataan tentang kebenaran dokumen yaitu mencakup nama orang yang membuat surat pernyataan, alamat, nomor identitas, dan tentunya pernyataan bahwa dokumen yang diserahkan adalah benar adanya. Selain itu, surat ini juga harus dilengkapi dengan tanda tangan dan tanggal pembuatan surat.


Cara Membuat Surat Pernyataan tentang Kebenaran Dokumen



Untuk membuat surat pernyataan tentang kebenaran dokumen, kita hanya perlu menuliskan pernyataan secara jelas dan singkat. Setelah itu, kita perlu mencantumkan identitas diri lengkap, seperti nama, alamat, dan nomor identitas. Terakhir, jangan lupa untuk menandatangani surat pernyataan tersebut.


Contoh Surat Pernyataan tentang Kebenaran Dokumen



Berikut ini adalah contoh surat pernyataan tentang kebenaran dokumen:
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: (nama lengkap)
Alamat: (alamat lengkap)
Dengan ini menyatakan bahwa dokumen yang saya serahkan kepada (nama instansi/lembaga) adalah benar adanya. Saya bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran dari dokumen tersebut.
Surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat saya,
(tanda tangan)
(Nama Lengkap)


Kesimpulan



Surat pernyataan tentang kebenaran dokumen merupakan surat yang sering diminta oleh instansi atau lembaga tertentu sebagai syarat pengajuan berbagai macam permohonan. Cara membuat surat pernyataan ini sangat mudah, kita hanya perlu menuliskan pernyataan secara jelas dan mencantumkan identitas diri lengkap. Dengan memahami apa itu surat pernyataan tentang kebenaran dokumen, kita dapat mengajukan berbagai macam permohonan dengan lebih mudah dan lancar.

close